Selalu ada kata "Pertama Kali"..

Selalu ada kata pertama kali dalam menjalani sesuatu..

Pertama kali jualan..
Hmm...actually, jualan Oriflame ini bukan pengalaman pertama kali saya jualan. Jaman saya SMA, saya pernah jualan kerajinan kain felt, made by order.  Tapi itu kan udah lamaa banget. Pertama kali jualan, rasanya nervous. malu dan deg-degan nawarin barang ke orang, padahal cuma kasih katalog aja, dan biarkan mereka lihat, selanjutnya follow up. Done!! Bulan ini, sudah lebih bayak orang tau, kalo saya jualan Oriflame. Insya Alloh lebih mudah kan.. :)

Pertama kali nyebar katalog ke salon..
Ini bener-bener pertama kali, keluar masuk salon nawarin produk Oriflame. Jadi kaya sales nawarin produk. Rasanya maluu banget..Gugup, jelas karena saya ga pintar ngomong. Tau ga jawaban mereka apa. sebagian sudah jadi member, sebagian ga mau karena ga dapet bagian penjualan. Sebagian kecil membolehkan saya meninggalkan katalog. Alhamdulillah :) Well, saya akui, ketika ada salon yang meminta bagian, saya benar-benar ga siap memberikan jawaban. Lah saya ga tau bakal ditanya begitu :D. Tapi dari pertama kali itu, saya jadi belajar,  seharusnya hal-hal detail seperti itu perlu saya pikirkan. Dari pertama kali itu, saya jadi tau, kalo ada salon yang minta bagian penjualan, harusnya sekalian saya prospek ajah :D

Pertama kali memprospek..
Pertama kali memprospek, hasilnya adalah penolakan. Kedua kali, ketiga kali, seterusnya adalah penolakan. Ga usah dihitung ada berapa kali penolakan. Toh, pada akhirnya ada juga yang mau bergabung. Jika saya sudah berhenti di penolakan ketiga saja, saya ga akan pernah tau jika kesempatan keempat itu ternyata saya berhasil. Jadi, bersahabatlah dengan penolakan. Kita tidak akan pernah tau, pada kesempatan ke berapa kita tidak ditolak :)

Pertama kali mengoperasikan v3
V3 itu aplikasi dari Oriflame untuk para membernya.  Biar saya gaptek, tapi kalo masalah aplikasi, di kantor saya juga pegang beberapa aplikasi. Untuk v3 ini, awalnya agak bingung. Mau pilih barang aja bingung gimana caranya. Tapi itu pertama kali saja, selanjutnya bisa laah. alhamdulilah. Tapi sepertinya saya belum banyak mengeksplore tools di v3. PR buat saya..

Pertama kali order..
Pertama kali terima order dari teman, rasanya seneeng banget. Jualan kita laku dong..Kesenangan itu nyatanya harus diimbangi dengan ketelitian. Pertama kalinya order dalam jumlah banyak (banyak enurut saya yang baru aja jualan). Ada banyak item, yang ternyata ada 1 produk yang keselip ga masuk ke orderan. Yang mana ketahuan ketika barang datang, saya baru ngeh kalo ada satu produk kehapus dari daftar order saya. Konsekuensinya, barang tersebut saya order lagi. Konsumen jadinya terima barangnya lamaaa.. Ya, itu konsekuensi. Tapi dari pertama kali sy abelajar, harus cermat dan teliti dalam menginput orderan :)

Pertama kali daftarin downline..
Rasanya gugup dan seneng. downline pertamaku dong. Saking gugupnya lupa, kalo ada cara mendaftarkan downline di gudang ilmu. Cuma begini doang akhirnya nanya ke upline. Yes, pada akhirnya saya malu, kenapa saya terlalu gugup sampai ga ingat pernah baca cara pendaftaran ini. Selanjutnya, pesenin getting started untuk dowline. Alhamdulillah setelah berkali-kali ga berhasil, saya buka panduan. Ooh ternyata begini, baru berhasil.. dari pertama kali ini, pesan untuk saya, baca, cermati, hapalkan, dan praktikan apa yang sudah dibaca, biar ga lupa-lupa mulu ..

Sesuatu yang disebut pertama kali itu nampaknya memang susah dikerjakan. Perang utama menjalankan yang pertama kali itu adalah perang melawan mental block yang kita miliki. Selalu saja ada alasan untuk enggan menjalankan yang pertama kali, yang udah mikir susah lah, ga pinter lah, malas lah, ga ada waktu lah, bla..bla..bla... Tapi tau tidak, jika yang pertama kali itu sudah dikerjakan, selanjutnya akan lebih mudah mengerjakan hal yang sama.. Insya Alloh..


"Sesuatu yang pertama kali itu memang harus dijalani. Jika kita sudah enggan melakukan yang pertama kali, maka apa yang kita rencanakan atau impikan, tidak akan pernah menjadi apa-apa"




Annisaningrum
Independent  Oriflame Consultant
085643633694 
annisaningrum@gmail.com

0 komentar:

Posting Komentar